Minggu, 02 Januari 2011

User linux

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN
SERTA PRINSIP KERJA LINUX

² Linux memungkinkan untuk kebutuhan oleh user lebih luas dibandingkan Microsoft Windows.
Linux mempunyai kemudahan dari segi pemakaian dan pengoperasiannya maka jutaan rumah di seluruh dunia menggunakan dan tidak dibebani biaya untuk setiap pemakai / user sehingga dibandingkan dengan pemakai Microsoft Windows. Linux tidak ada hak cipta yang dilindungi oleh undang-undang dan pemakai dengan mudahnya mengembangkan melalui program sumber / source code bahkan diberikan hak untuk mengadakan perubahan-perubahan.

² Pengelolaan relatif lebih mudah
Linux dapat digunakan untuk saling berhubungan dengan kelompok pengguna linux dan dapat dipasang secara bersama-sama dengan operating sistem dan dapat dipakai untuk berbagai jenis komputer bahkan untuk komputer non pentium sekalipun.

² Ada anggapan sebagian user yang berpikir bahwa belajar linux lebih sulit
Sebagian user tidak mau mencoba belajar dengan Linux dan karena terbiasanya orang-orang/masyarakat yang menggunakan perangkat software Microsoft Windows membuat pemakai/user linux terasa sangat sulit. hal ini sebenarnya anggapan yang salah karena sebenarnya sebagian besar orang yang telah menguasai Linux, user jarang yang mau kembali ke program seperti Microsoft Windows. Bisa jadi anggapan user adalah salah bahwa belajar Linux sulit tapi sebenarnya banyak sekali kemudahannya dibandingkan Microsoft Windows hanya user yang malas saja yang tidak mau belajar software lain.

² Dapat di gunakan berbagai macam jenis aplikasi
Banyak kelebihan yang didapat dari pemakaian Linux, Linux itu sendiri dapat digunakan untuk pengolah kata, spreadsheet, mengolah grafik, gambar termasuk fotografi digital dan desain website. Semua tidak dipungut biaya dan dapat dioperasikan bersama-sama dengan Operating Sistem serta dapat direboot ke Windows.

² Dapat digunakan untuk perangkat keras komputer yang mempunyai konfigurasi komputer rendah.
Komputer untuk mengoperasikan Linux bahkan dapat dioperasikan dengan komputer yang jenis komputernya 80386 / 80486 Intel Corp  apalagi dengan konfigurasi komputer Pentium.

²Dapat menggunakan/mengubah isi program source code dari program tersebut tersedia.
Setiap pengguna Linux dapat melakukan perubahan sumber program atau disebut source code karena source code telah tersedia dan dapat diakses oleh setiap user.  User dapat melakukan perubahan source code tanpa mengganggu sistem kerja sistem operasi dari Linux lain.

² Linux merupakan sistem operasi yang open source
Dikarenakan souce code dapat diperoleh dengan cuma-cuma maka tiap user dapat mengakses source code dengan mudah dan dapat melakukan perubahan-perubahan bila diperlukan sehingga dapat memberikan dukungan atau bantuan yang baik secara efektif  bahkan bug fixes sekalipun.

²  Tidak terkait dengan perusahaan vendor
Dengan kelebihan ini maka user tidak dibebankan biaya operasi untuk software Linux bahkan dengan tidak adanya perusahaan penyedia jasa untuk Linux ini memungkinkan user dapat berkreasi dan berinofasi sesuai dengan kemampuan sendiri.

²  Memiliki program-program jaringan / network
Linux memnyediakan sarana file server yang memungkinkan untuk jaringan dan dokumentasi, bahkan untuk jaringan kerja yang cukup jauhpun tidak perlu membutuhkan biaya yang besar. Linux dapat diakses oleh semua jenis bahasa pemrograman dengan meniadakan ketergantungan terhadap aplikasi pemrograman interface.

²  Mampu berinteraksi dengan Operating Sistem lain.
Linux memang di Indonesia belum banyak dipakai untuk kebutuhan bisnis atau komersial, dan Linux sendiri dapat berinteraksi dengan operating sistem lain melalui cara yang kompatibel file diantaranya adalah file system, kompatibilitas network, dan simulasi operating sistem.

²  Mempunyai Prinsip kerja yang mudah dipahami
Linux tidak dikomersialkan dan dapat diperoleh secara gratis dikembangkan secara luas oleh banyak programmer maka setiap user dapat memanfaatkan Linux sebagai sistem operasi yang mudah dan murah serta dapat dipasang dengan sistem operasi lain. Untuk memperoleh Sistem Operasi Linux dapat berhubungan lewat Internet dengan menghubungi Kelompok Pengguna Linux Indonesia. Dengan Linux dapat melakukan tukar-menukar kode, melaporkan bug, dan membenahi segala masalah yang dihadapi user.

²  Linux sangat Stabil
Linux dapat bekerja dengan jenis komputer yang mempunyai mesin dengan ukuran kecil, dan apabila konfigurasinya benar maka sistem Linux akan hidup hingga hardware tidak memadai  atau rusak atau tidak ada tegangan listrik atau seseorang mematikan sistem. Dapat digunakan untuk menampilkan beberapa windows dari aplikasi secara bersamaan secara tehnis dapat mendukung tehnical support dan administrasi sistem jarak Sjauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Kode iklan atau Gambar yang anda inginkan di sini